Webinar Serial #1 Departemen IPTP Fakultas Peternakan IPB University

“Tetap Cantik dengan Kokon Ulat Sutra di Masa Pandemik Covid-19”

Tanggal Kegiatan: 04 Juni 2020

Dunia saat ini sedang dihadapi dengan fenomena wabah virus covid-19 yang menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang. Dimana jumlah pasien yang terinfeksi juga terus bertambah, bukan hanya di negara lain, bahkan di Indonesia pun terus mengalami peningkatan selama 3 bulan terakhir. Efek dari wabah ini telah melumpuhkan total seluruh aktifitas masyarakat terutama pada sektor perokonomian, pendidikan, perdagangan, pariwisata dan lain sebagainya.

Melihat jumlah pasien yang terus bertambah, pemerintah Indonesia dengan cepat membuat langkah-langkah pencegahan penyebarannya. Langkah tersebut yakni menerapkan phycical distancing dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Dengan penerapan langkah tersebut, maka seluruh aktifitas masyarakat dilakukan dengan bekerja dari rumah (Work From Home). Dengan penerapan langkah diharapkan menekan jumlah penyebaran virus ini. Namun, selama penerapan langkah tersebut membuat masyarakat mulai merasa bosan berada dirumah, tak terkecuali kaum hawa yang ingin tetap tampil cantik.

Oleh sebab itu, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan IPB University membuat sebuah kegiatan Webinar Serial #1 yang berjudul ”Tetap Cantik dengan Kokon Ulat Sutra di Masa Pandemik Covid-19yang dilaksanakan pada tanggal 04 Juni 2020 Pukul 10.00-12.00 WIB dengan menggunakan aplikasi Zoom. Dalam acara kegiatan webinar ini, panitia mengundang pakar yang ahli pada bidangnya sebagai  pembicara yakni  Dr. Yuni Cahya Endrawati, S.Pt., M.Si sebagai pakar ulat sutra sekaligus Dosen Departemen IPTP dan dr. Fitria Agustina, Sp.KK., FINSDV yang merupakan dokter spesialis kulit serta dimoderatori oleh Dr. Zakiah Wulandari, S.TP, M.Si yang merupakan Dosen Departemen IPTP.

Pembukaan pendaftaran peserta dilaksanakan H-7 kegiatan webinar. Dalam kurun waktu 7 jam, jumlah peserta yang mendaftar mencapai 650 peserta dari kuota 500 peserta. Melihat antusias para peserta yang ingin mendaftar, dengan kesiapan panitia webinar menambah kuota peserta sebanyak 500 peserta. Total keseluruhan peserta yang mendaftar hingga penutupan pendaftaran bejumlah 954 orang peserta. Dari data peserta, diperoleh jumlah yang mengikuti webinar sebanyak 74% kaum hawa dan 26% kaum adam yang berasal dari instansi dan pekerjaan yang beragam di seluruh Indonesia yang terdiri dari  universitas (Guru Besar, Dosen, mahasiswa dan civitas akademik) sebanyak 64%, umum (ibu rumah tangga, pengusaha, pegawai swasta, organisasi) sebanyak 16%, balai penelitian sebanyak 10%, dan instansi pemerintah sebanyak 16%.

Kegiatan Webinar ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. Ir. Sumiati, M.Sc. selaku Dekan Fakultas Peternakan IPB University. Dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan terimakasih kepada Ketua Departemen IPTP (Prof. Dr. Irma Isnafia Arief, S.Pt., M.Si), kedua pembicara, dan seluruh panitia yang telah mengadakan kegiatan webinar ini dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Beliau juga menyampaikan semoga materi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi masyarakat umum dan khususnya  peserta yang mengikuti webinar ini.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam yang diisi dengan penyampaian materi yang dimulai dengan Pembicara 1 (Dr. Yuni Cahya Endrawati, S.Pt., M.Si) yang berjudul “Cantik dengan Kokon Ulat Sutra”. Dalam penyampaian materi, beliau menyatakan bahwa ulat sutra sebagai penghasil kokon yang dijadikan sebagai bahan benang, dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik alami untuk kecantikan kulit wajah. Beliau menyampaikan bahwa untuk pemanfaatan kokon ulat sutra pelu dilakukan kerjasama dengan pihak terkait untuk dilakukan penelitian lanjut sehingga menghasilkan produk kecantikan yang berbahan dasar kokon ulat sutra. Kemudian disusul dengan penyampaian materi Pembicara 2 (dr. Fitria Agustina, Sp.KK., FINSDV) yang bejudul Kulit Cantik Kulit Sehatmu. Beliau menyampaikan bahwa kulit yang sehat membutuhkan nutrisi yang tepat untuk menjaga kelembaban dimasa pandemik covid-19. Diakhir materi dr. Fitria menyampaikan beberapa tips kulit sehat dan cantik yakni memakai kosmetik yang tepat, nutrisi yang baik dan seimbang yang dilengkapi dengan aktifitas fisik rutin setiap hari, dan yang tidak kalah menarik adalah selalu bahagia.

Setelah penyampaian kedua materi oleh pembicara, disusul dengan sesi diskusi berupa sesi tanya jawab. Dr. Zakiah selaku moderator dan panitia memilih beberapa pertanyaan dari peserta yang sampaikan kepada panitia. Hal ini dilakukan karna beberapa pertanyaan yang disampaikan sama dan keterbatasan waktu untuk diskusi. Di akhir kegiatan, moderator menyampaikan ucapan terimakasih  kepada Dekan Fakultas Peternakan IPB University, Ketua Departemen IPTP Fakultas Peternakan IPB University, seluruh peserta dan Panitia Webinar Serial #1.

Klik tautan berikut untuk melihat video kegiatan: Webinar Serial #1 Departemen IPTP Fakultas Peternakan IPB University

Gambar 1. Pengumuman Webinar Serial #1 Departemen IPTP  Fakultas Peternakan IPB University Gambar 2. Peserta Webinar Serial #1 Departemen IPTP  Fakultas Peternakan IPB University
Gambar 3. Penyampaian Materi Pembicara Dr. Yuni Cahya Endrawati, S.Pt., M.Si pada Webinar Serial #1 Departemen IPTP  Fakultas Peternakan IPB University Gambar 4. Penyampaian Materi Pembicara dr. Fitria Agustina, Sp.KK., FINSDV pada Webinar Serial #1 Departemen IPTP  Fakultas Peternakan IPB University
Gambar 5. Live streaming Webinar Serial #1 Departemen IPTP  Fakultas Peternakan IPB University di Youtube Gambar 4. Diskusi pada Webinar Serial #1 Departemen IPTP  Fakultas Peternakan IPB University