Fasilitas di Departemen IPTP

Proses pendidikan meliputi kegiatan kuliah dan praktikum didukung oleh fasilitas yang lengkap, yaitu:


Fasilitas Pendidikan dan Penelitian

  • Ruang Kuliah tipe besar dan kecil yang nyaman di kampus IPB Darmaga.
  • Laboratorium untuk kegiatan praktikum, responsi atau penelitian yang lengkap dan modern:
    • Unit budidaya ternak (sapi potong, sapi perah, unggas, babi, domba, kambing, kelinci, ternak model dan aneka ternak)
    • Rumah pemotongan hewan
    • Unit pengolahan hasil ternak (susu, daging, telur, madu)
    • Unit pengolahan limbah dan hasil ikutan
    • Unit evaluasi karkas (sapi, domba, babi)
    • Unit analisa organoleptik
    • Unit pengujian mikrobiologi
    • Unit analisa molekuler
    • Laboratorium komputer
    • Hotspot area
    • Perpustakaan
    • dan unit usaha komersil produk peternakan sebagai tempat latihan mahasiswa
Fasilitas Umum

Fasilitas Penunjang (Umum)

Departemen IPTP ditunjang dengan beberapa fasilitas umum yang penggunaannya dilakukan secara bersamaan dengan Departemen INTP atau departemen lain diluar Fakultas Peternakan, seperti auditorium, kantin, perpustakaan dan akses hot spot yang dapat dijangkau diseluruh bagian Departemen IPTP. Selain itu tersedia fasilitas olahraga seperti gymnasium, lapangan basket, dan tenis, serta lahan parkir yang luas.

Asrama Mahasiswa

Asrama Program Pendidikan Kompetensi Umum Institut Pertanian Bogor merupakan unit pendukung kegiatan belajar yang dikhususkan bagi mahasiswa tingkat pertama. Bangunan asrama terdiri dari 10 gedung yang meliputi 6 asrama putri dan 4 asrama putra.

Bagi mahasiswa tingkat pertama, dengan adanya asrama sangat memudahkan akses ke lokasi kuliah dan praktikum yaitu  Common Class Room (CCR) dan Teaching Laboratorium yang letaknya sangat dekat dengan lokasi asrama.

Fasilitas yang tersedia di asrama antara lain keamanan 7 x 24 jam, ruang belajar, lobby, free wifi, kantin asrama, serta pendampingan dari Senior Resident (SR).

Di sekitar lingkungan asrama tersedia pula Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Agrimart serta tempat printing dan fotokopi sehingga memudahkan akses bagi mahasiswa dalam menunjang kehidupan perkuliahan sehari-hari.

Selain asrama bagi mahasiswa tingkat pertama yang masih berada di Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU), IPB juga menyediakan asrama bagi mahasiswa tingkat berikutnya yaitu Asrama Sylvasari dan Asrama Putri Dramaga (APD)

Sarana Olahraga

  • Gymnasium adalah bangunan utama untuk berbagai aktivitas olahraga mahasiswa. Terletak di Kampus IPB Dramaga. Berbagai pertandingan tingkat fakultas maupun IPB digelar di Gymnasium mulai dari futsal, basket, bahkan aerobik. Gymnasium juga digunakan oleh mahasiswa untuk mata kuliah olahraga.
  • Gelora merupakan lapangan bola berbentuk oval dengan lapisan luar berupa lintasan atletik dengan panjang mencapai 400 meter dan lebar 10 meter. Sedangkan lapangan bola memiliki luas 105 x 70 m2. Gelora selalu ramai digunakan oleh para mahasiswa untuk berolahraga sehari-hari ataupun di akhir pekan. Selain itu, Gelora juga menjadi lokasi favorit diselenggarakannya kegiatan-kegiatan besar seperti Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB), Malam Puncak Gebyar Nusantara, Perayaan Dies Natalis IPB dan lain-lain.

Bus

Terdapat 8 unit bus kampus yang beroperasi di lingkungan kampus dan memiliki fasilitas Full AC.

Seluruh unit bus beroperasi di  kampus dari jam 06.00 – 18.00 WIB pada kondisi normal. Hari operasional adalah hari Senin-Jumat kecuali hari libur kampus dan libur nasional.

Wilayah operasional tersebar di 3 koridor:

Koridor 1 : Graha Widya Wisuda  –  Fakultas Kedokteran Hewan – Graha Widya Wisuda via Asrama Putri
Koridor 3 : Graha Widya Wisuda  –  Fakultas Kedokteran Hewan – Graha Widya Wisuda via Perpustakaan
Koridor 4 : Graha Widya Wisuda  –  Fakultas Kedokteran Hewan – Graha Widya Wisuda via Rektorat

Bus kampus hanya dapat menaikkan dan menurunkan penumpang di halte/bus stop yang ditentukan.

Perpustakaan Fapet dan IPB

Perpustakaan IPB merupakan unit pengelola informasi ilmiah untuk mendukung program pendidikan, pengajaran dan penelitian bagi sivitas akademika IPB dengan menyediakan berbagai layanan informasi ilmiah sesuai dengan kebutuhan. Layanan yang diberikan Perpustakaan IPB diantaranya : keanggotaan, peminjaman dan pengembalian buku, penelusuran informasi, bimbingan pengguna, referensi, ruang diskusi, layanan internet, SNI Corner, BI Corner, foto kopi dan scanning.