Fakultas Peternakan IPB University Peroleh Hibah Closed House dari PT Charoen Phokpand Indonesia Tbk

Dalam rangka pengembangan teaching farm di Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University, Fakultas Peternakan menjalin kerjasama dengan PT Charoen Phokpand Indonesia Tbk (CPI), (12/4). Penandatanganan kerjasama dari PT CPI diwakili Andi Magdalena Siadari SH, MH selaku Sekjen Charoen Pokphand Foundation Indonesia dan Dr Idat G Permana selaku Dekan Fapet IPB University.

Dari kerjasama ini Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University mendapatkan Hibah Pendirian Kandang Tertutup (Closed House) beserta perlengkapannya untuk ayam broiler di lokasi Laboratorium Lapangan Fapet. Close house yang akan dibangun seluas 14 meter kali 85 meter dengan kapasitas 20.000 ekor.

Dekan Fapet IPB University, Dr Idat G Permana berharap Closed House ini dapat dimanfaatkan sebagai teaching farm untuk mendukung kegiatan akademik para mahasiswa dan juga dimanfaatkan sebagai usaha komersial untuk menunjang sumber dana program-program pengembangan fakultas.

“Maksud dan tujuan pemberian hibah berdasarkan Perjanjian ini adalah untuk melengkapi sarana belajar mengajar di Fapet IPB University dengan fasilitas berupa kandang. Kandang ini akan digunakan sebagai sarana penelitian dan pengembangan, sarana praktik budidaya ayam, media aplikasi ilmu pengetahuan, arena belajar mengajar dan berbagi pengetahuan teknis serta menjadi miniatur dunia usaha,” ujar Dr Idat.

Sementara itu, dalam sambutannya, Andi Magdalena menyampaikan bahwa pemberian hibah closed house ini diharapkan dapat menjadi sarana praktik budidaya dan usaha peternakan ayam broiler secara komersial serta memungkinkan pengembangan closed house yang dapat dijadikan sarana penelitian dan pendidikan.

Perjanjian kerjasama yang ditandatangani ini mencakup dua hal yaitu perjanjian pemberian hibah kandang dan perjanjian pengelolaan kandang. Setelah ditandatangani kedua perjanjian tersebut, dilanjutkan dengan diskusi antara Tim CPI dan Fapet IPB University terkait perencanaan realisasinya.

Hadir juga dalam penandatanganan kerjasama ini Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fapet IPB University, Prof Irma Isnafia Arief, Wakil Dekan bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Dr Sri Suharti, para Ketua dan Sekretaris Departemen serta Dr Rudi Afnan yang sudah menginisiasi kerjasama tersebut. (ipb.ac.id)