Program KKN dan Dosen Mengabdi IPB 2020 Sosialisasikan Praktik Penyembelihan dan Penanganan Daging Kurban di Kab. Polewali Mandar.

Sekira 14 orang yang terdiri dari panitia pemotongan ternak kurban, kepala dusun dan tokoh masyarakat serta mahasiswa KKNT mengikuti program dosen mengabdi 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara online oleh M. Baihaqi, M.Sc, dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB, sebagai nara sumber dengan kolaborasi mahasiswa KKNT yang berada di Desa Kuajang, Kec. Binuang, Polewali Mandar pada tanggal 22 Agustus 2020. Pengurus dan panitia kurban di Desa tersebut terlibat dengan koordinasi mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN-T. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya panitia penyelenggara Idul Adha di Desa Kuajang, Polewali Mandar terhadap Teknik penanganan ternak sebelum, saat dan pasca disembelih. Selain itu pengetahuan mengenai cara penanganan daging yang ASUH juga diharapkan dapat meningkat. “Hewan kurban selain memenuhi syarat kurban juga diharapkan sesuai penanganannya sehingga memenuhi kaidah halal dan thayyib” ujar nara sumber.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari pihak Desa Kuajang dan dilanjukan dengan perkenalan nara sumber. Sebelum dan setelah pemaparan materi pelatihan, semua peserta mengisi kuisioner yang telah disiapkan oleh panitia untuk mengukur pengetahuan peserta atas tujuan kegiatan. Peserta cukup antusias dalam mengikuti kegiatan yang dibuktikan dengan adanya beberapa pertanyaan terkait materi yang diberikan. “Kami merasa mendapatkan pengetahuan yang baru mengenai penanganan ternak sebelum sembelih, yang sebelumnya kami kurang perhatikan” ujar salah seorang peserta kegiatan. Kegiatan ini ditutup dengan evaluasi melalui pengisian kuisioner sederhana yang telah disiapkan oleh panitia. “Terima kasih kepada nara sumber dan IPB atas kegiatan yang bermanfaat ini” ujar panitia kurban di salah satu DKM di Polewali Mandar. (bq)