Amankah memakan telur mentah ?

Tak sedikit orang menyukai mengkonsumsi telur mentah, untuk alasan kesehatan, seperti campuran jamu, susu, ataupun menjadi campuran olahan kue. Telur mentah dipercaya memiliki khasiat untuk berbagai macam alasan. Namun, apakah aman mengkonsumsi telur yang tidak dimasak?

Ada perbedaan anatara telur ayam Ras dan telur ayam Kampung. Telur ayam ras bisa terkontaminasi kuman sejak di perut induknya. Jika induknya terpapar salmonella plorum, ayam akan sakit dan kemudian akan mati. Tetapi kalau salmonella enteritis, ayam tidak sakit tapi kuman bisa bersarang di organ reproduksi, menempel di kuning serta putih telur dan terbawa saat telur keluar dari tubuh ayam. Berbeda dengan ayam kampung (ayam lokal dan ayam asli Indonesia).  Ayam ini  mempunyai kemampuan mengeliminasi kuman (khususnya salmonella) karena sel imunnya luar biasa, sehingga tidak pernah ada temuan salmonela di telur ayam kampung.

Prof Dr Ir Niken Ulupi, Guru Besar Tetap Fakultas Peternakan,  IPB University, menyebutkan bahwa  telur ayam kampung aman dikonsumsi dalam kondisi mentah. Antibodi dari induk ayam Kampung ditransfer ke telur sehingga telur ayam kampung akan selalu clear dari salmonella yang bersifat zoonosis. Sementara pada ayam ras, meskipun diberi pakan yang bagus tapi antibodi di dalam darahnya sedikit sehingga tidak mampu mengatasi serangan kuman dari luar. Niken juga menyebutkan bahwa ada prevalensi telur ayam ras terkena salmonela 3,12 persen. Jika ada 100 telur maka ada telur yang terpapar salmonela. Jika telur direbus tidak matang maka bisa mengakibatkan diare (ringan) atau tipes (sedang). Jika ada orang terkena tipes, jarang yang curiga kalau penyebabnya bisa dari telur.